Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan Pada Server Softswitch | 2016

Halo sobat pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan konfigurasi ekstensi dan dial pada server softswitch.


Pengertian Ekstensi Dan Dial Pada Server Voip :

  Berbeda dengan PABX yang memiliki ekstensinya biasanya berasosiasi dengan telephone, Pada Asterisk ektension ini di definisikan sebagai sekumpulan perintah untuk dijalankan. Pada saat ekstension di dial perintsah yang di beri tanda 1 akan lebih dulu di jalankan, jilanjutkan dengan nomor 2 dan seterusnya hingga telephone di letakkan.

Komponen yang membangun tahapan ekstension atau command line adalah sebagai berikut :

1.Extension adalah sebuah string atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor telephone.

2.Priority adalah urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Seperti perintah yang pertama dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.

3.Command adalah aplikasi yang akan di jalankan oleh Asterisk.

4.Parameter adalah parameter yang harus di berikan kepada sebuah command , perlu diketahui juga bahwa tidak semua command membutuhkan parameter.

Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server Softswitch :
  •  Konfigurasi Data Account Umum (General) --> Context Umum (harus ada context=default) --> Nama context user port=5060 --> default port untuk SIP binaddr-0.0.0.0 --> listen semua ip_addr yang request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes
  • Konfigurasi Data Account User/Etensions ;softphone -->nama atau nomor account [101] type=friend --> tipe account username=101 -->login account secret=101 --> password account host=dynamic --> host yang menjadi IP PBX, dapat berubah nat=no -->mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn -->username@context
 Sekarang untuk mengkonfigurasi dial plan server softswitch, editlah file extensions.conf dengan menggunakan perintah :

nano /etc/asterisk/extensions.conf

Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah di nonaktifkan.Kemudian ketikkan perintah berikut ini pada file extensions.conf pada bagian paling bawah :

exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) --> Dial extensions 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik

exten =>101,2,Hangup --> setelah timeout dilakukan hangup exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)exten =>102,2Hangup

Sekian postingan dari saya kali ini semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
5 March 2022 at 22:38 ×

Does Titanium have nickel in it?
Titanium Blade is a stainless edge titanium steel blade in stainless titanium trim as seen on tv steel or sterling titanium legs silver stainless steel stainless steel. The blade angle nano titanium ionic straightening iron is 3.3 inches and 3 titanium ore inches

Congrats bro hamalielearnshaw you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar