Pengertian Bandwidth dan Troughput Lengkap

Halo sobat pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu Bandwdith dan Throughput secara lengkap dan ringkas.


Pengertian Bandwidth :

  Bandwith adalah suatu ukuran dari banyaknya data yang dikirim dari suatu tempat ke tempat lain dalam atuan detik (Bps) Bit Per Second.

 Di kehidupan kita sehari-hari kita pasti sering mendengar bahwa bandwidth adalah suatu batasan kecepatan yang di berikan oleh ISP atau penyedia jasa layanan internet kepada kita.

Kebutuhan dan Keragaman Bandwidth Dalam Jaringan :

  Kebutuhan atas bandwidth dari jaringan ke jaringan sangat bervariasi oleh karena itu sangat penting menentukan berapa banyaknya bit per detik yang melintasi jaringan serta berapa bandwidth yang dibutuhkan pada suatu jaringan.

  Jadi bagaimana anda menentukan berapa banyaknya bandwidth pada suatu jaringan?Proses ini dimulai dengan menanyakan pertanyaan yang tepat — Aplikasi apa saja yang dijalankan, dan bagaimana performa service-level agreement (SLA) untuk aplikasi-aplikasi tersebut? Sebab ada beberapa manajer jaringan yang hanya perhatian pada berapa banyak user terkoneksi pada VLAN. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan kebutuhan bandwidth mulai dari menentukan jumlah bandwidth yang sudah ada dan menentukan pengguna rata-rata aplikasi tertentu.

Pengertian Throughput :

  Throughput adalah bandwith yang sebenarnya atau aktual dan di ukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk transfer file dalam ukuran tertentu juga.

Sayangnya Throughput karena banyak alasan kadang sangat jauh dari bandwidth maksimum yang mungkin dari suatu media.beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya yaitu :

1.piranti jaringan
2.tipe data yang di transfer
3.Topologi jaringan
4.Spesifikasi komputer server
5.Banyaknya Pengguna jaringan
6.Dan faktor-faktor lain

sekian penjelasan dari bandwidth dan troughput dari saya semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.
Previous
Next Post »