Cara Install Webmin di Debian 8

   Halo sobat pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan apa itu webmin (pengenalan webmin) dan pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara installasi webmn di ebian server.

Langkah installasi webmin

   pertama download dulu webmin  di situ aslinya  http://www.webmin.com
saya sarankan sebaiknya anda download webmin.deb agar lebih mudah cara installasinya nanti. setelah anda mendownload silahkan upload file webmin ke debian server menggunakan sftp ntp atau samba, contoh file webmin yg sudah saya upload.


Saya telah memiliki file webmin.deb sebelum mengistallnya anda harus mengistall dependensi paket yang dibutuhkan webmin dengan cara memasukan perintah dibawah ini


#apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime
libio-pty-perl apt-show-versions python

setelah anda menginstall paket diatas langkah selanjutnya installah webmin.deb dengan perintah :

#dpkg -i webmin_1.720_all.deb

setelah anda menginstall webmin bukalah browser kalian dan ketikkan ip server atau domain server kalian  contoh https://hudaonline.net:10000 atau https://192.168.126.8:10000 .

lalu anda dapat login dengan mengunakan username root dan password server untuk mengelola server secara gui dan memantau keadaan servernya , perthatikan gambar-gambar akses webmin melalui web browser client dibawah ini


setelah anda masuk login maka akan muncul gambar seperti di bawah ini


setelah muncul gambar seperti diatas maka installasi sudah berhasil, sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat jika ada kritik,pertanyaan, dan saran silahkan komentar terimakasih.
Previous
Next Post »