Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy di Mikrotik

  Halo sobat kali ini saya akan sharing bagaimana cara memblokir situs dengan web proxy di mikrotik, dan sebelum itu mari kita pahami dulu konsep blokir situs dengan web proxy.


Pengertian :

  Dalam jaringan komputer server proxy adalah server (sistem komputer atau aplikasi ) yang bertindak sebagai perantara permintaan client mencari sumber daya dari server lain.

  Seorang client terhubung ke server proxy , meminta beberapa layanan , seperti file , koneksi , halaman web atau sumber daya lain yang tersedia dari server yang berbeda dan server proxy mengevaluasi permintaan sebagai cara untuk mempermudah dian mengontrol kompleksitas . Proxy diciptakan untuk menambah struktur dan encapsulasi untuk sistem terdistribusi sebagian besar proxy adalah Web proxy yaitu adalah untuk memfasilitasi akses ke konten di World Wide Web dan menyediakan anonimitas .

Maksud dan Tujuan :

  Maksud dari konfigurasi yang akan kita lakukan adalah agar kita bisa tahu konfigurasi dan manfaat bagi kita yaitu kita bisa blokir situs-stus yang tidak berpendidikan dan berbau pornografi.

Tahapan Pelaksanaan :

Pertama-tama kita masuk mikrotik menggunan winbox terlebih dahulu Lalu setelah itu kita masuk ke tab IP > web proxy paling bawah seperti gambar di bawah ini.


Setelah anda masuk web proxy di bagian menu pilih tab "access" setelah itu maka akn masuk ke menu web proxy address dan pilih tombol add (+) seperti gambar di bawah ini :


setelah itu


Lalu kita konfigurasi port dan situs mau kita blokir , disini saya menggunakan port 80 dan situs yang saya blokir adalah situs kasku.co.id dan jangan lupa dikolom Action kita pilih deny lalu kita Apply > OK.


Kemudian kita cek di menu Web proxy access apakah konfigurasi yang kita tadi lakukan sudah masuk atau belum seperti dibawah ini :


Setelah anda mengikuti konfigurasi seperti langkah-langkah diatas sekarang coba kita cek di browser apakah konfigurasi kita telah bekerja atau tidak. Dengan cara masuk kesitus yang sudah kita blokir tasi apakah masih bisa di buka atau tidak.


Jika keluar gambar seperti diatas maka konfigurasi yang telah kita lakukan sudah berhasil dan situs tersebut sudah tidak dapat diakses lagi sekian dari saya terimakasih jika ada pertanyaan silahkan komentar terimakasih.

Referensi :

mbombob.blogspot.com

Previous
Next Post »