Mengenal Apa Itu MikroTik

                      

    Mikrotik merupakan seuah perusahaan kecil yg berkaantor puat di latvia,Bersebelahan dgn Rusia yg bergerak dalam bidang produksi hardware (perangkat keras) dan sofware (perangkat lunak) yang berhubungan dgn sistem jaringan komputer.

    Mikrotik didirikan pada tahun 1995 yang fokus dalam mengembangkan router dan sistem jaringan ISP (internet service provider)Nikrabel. John Trully dan Amis Riekstins melakukan pengembangan tentang routing secara bersama-sama dan dibantu oleh 5-15 orang staff R&D (Research and Development) menggunakan sistem oprasi berbasis linux sehingga terbentuklah mikrotik OS

1.MikroTik Router OS
                  

   MikroTik router OS adalah sistem oprasi berbasis linux dan perangkat lunak yg digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yg handal. Untuk instalasi Mikrotik dapat dilakukan pada PC melalui CD atau flashdisk untuk file iso mikrotik bisa diunduh di website resminya mikrotik DISINI.

2.Fungsi Mikrotik dan Kelebiahn Mikrotik

     Router mikrotik bisa digunakan pada jaringan komputer bersekala kecil atau besar, hal ini juga disesuaikan pada resource dari komputer itu sendiri.

     Kelebiahan Router Mikrotik adalah mudah dalam pengoperasian. Disebut mudah bila kita bandingkan dengan ROuter OS lain seperti Cisco dan lainnya. Kemudahan pengoperasian Router berbasis Mikrotik OS salah satunya adalah berkat tersedianya fitur GUI. Jadi kita bisa setup router tidak hanya melalui tampilan text yang biasa digunakan OS router lain, tapi juga bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi remote berbasis GUI bernama Winbox. Kelebihan lain dari Mikrotik RouterOS adalah banyaknya fitur yang didukung. Fitur-fitur network yang terdapat pada Mikrotik OS tersebut adalah:

Routing-Statistic Routing
Hotspot
DHCP
NTP
VRRP
dan masih bnyak lagi

Kesimpulannya, Mikrotik adalah sebuah sistem oprasi router yang bisa menjalankan dan mengtur aktivitas network secara menyeluruh . Mulai dari management banwidth ,routing,billing hotspot,hngga routing BGP.
Previous
Next Post »